Jumat, 19 Desember 2008

Tips Melatih Daya Ingat

Bagaimana melatih daya ingat? Simak tips berikut ini:
Buat jadwal. Untuk orang yang sibuk, sebaiknya persiapkan semua bahan dan data yang digunakan sebelum bekerja dan Buat jadwal serta skala prioritas.

Hindari gaya hidup yang tidak sehat dan cobalah pola makan yag baik dengan mengurangi konsumsi alkohol, makanan berlemak,rokok,dan kopi.

Lakukan olahraga secara teratur.Olahraga apapun, asal suka dan bisa enjoy, akan sangat membantu. Olahraga akan emembuat stress dan kecemasan berkurang, sehingga bisa lebih berkonsentrasi. Jika ada konsentrasi, maka perhatian pun ada.

Untuk membantu mengingat, biasakan membuat agenda. Agenda sangat bermanfaat membantu untuk mencatat hal-hal apa saja yang sudah dilakukan atau akan dilakukan.

Buat checklist. Jika pada kegiatan, sebaiknya bikin catatan atau checklist. Jika sudah terbiasa lama-kelamaan tak perlu lagi checklist.

Disiplin. Jika mudah lupa hal-hal kecil, seperti lupa meletakkan benda (kunci, kaca mata dan lain-lain) lupa nama dan wajah orang, bisa dilakukan dengan latihan mengingat, mengulang, memerhatikan, dan mengasosiasikan. Misalnya, kalau seseorang mudah lupa, biasakan menyimpan barang di tempat yang sama, sehingga tidak repot-repot mencari-cari ketika membutuhkan.

Tidak ada komentar: