Jumat, 19 Desember 2008

Membaca agar Menyenangkan

Kurang minat membaca? Mungkin itu karena aktifitas membaca tidak dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Jadinya, ya...malas, bete..Simak deh tips ini supaya aktifitas membaca jadi menyenangkan.

Pilihlah waktu yang menurut kita sesuai untuk membaca. Waktu yang sesuai disini adalah waktu dimana tidak terdapat gangguan, baik dari luar maupun dari dalam diri kita. Waktu yang sesuai disini hanya kita sendiri yang tahu kapan. Namun, sebagain besar orang percaya bahwa waktu yang baik untuk membaca, khususnya buku pelajaran, adalah di pagi hari.

Pilihlah tempat dan suasana yang sesuai untuk membaca, yaitu tempat yang terang, sejuk, bersih, nyaman, tenang dan rapih menurut kita sendiri. Pastikan posisi membaca kita adalah posisi yang benar. Posisi yang benar pada waktu membaca adalah duduk dengan posisi badan tegak, tidak bungkuk, dan pastikan jarak antara buku dengan mata kita kurang lebih 30cm.

Siapkan juga hal-hal yang biasanya membantu kita dalam membaca, seperti pensil atau spidol. Ada baiknya sebelum belajar kita berdoa terlebih dahulu sesuai dengan kepercayaan masing-masing supaya ilmu yang kita dapat bermanfaat. Nah..Selamat menbaca...

Tidak ada komentar: