Sabtu, 20 Desember 2008

Tips Atasi Rasa Bosan Menghadapi Rutinitas

Mungkin kamu salah satu orang yang pernah merasa bosan dengan rutinitas yang kamu miliki. Entah urusan pendidikan, pekerjaan, ataupun ada dalam satu lingkungan tertentu. Beberapa cara ini mungkin bisa membantu kamu mengatasi rasa bosan itu.

Untuk dapat mentransformasikan rasa bosan, kamu harus jujur dengan tetap berpikir rasional bahwa rutinitas yang kamu lakukan tersebut memang ada manfaatnya, untuk saat ini maupun untuk ke depan.

Jangan buru-buru keluar dari aktifitas kamu. Karena rasa bosan juga dapat terjadi ketika kamu melakukan sesuatu dengan apa adanya, tanpa perencanaan atau pun tujuan. Agar hidup kamu bergairah, buatlah perencanaan jangka pendek dan jangka panjang. Rancanglah beberapa tantangan yang logis dalam rutinitas kamu. Sehingga akan ada banyak inovasi dalam rutinitas yang sedang kamu jalani.

Ukurlah prestasi yang kamu raih karena itu bisa membuat kamu jadi senang, bangga, ataupun merasa terpacu menjadi lebih baik.

Nah..Ini yang juga gak kalah pentingnya, teman. Carilah teman yang bisa tempat kamu berbagi. Karena kebosanan juga bisa terjadi karena kamu sering monolog dan jarang dialog dengan orang lain. Sehingga persoalan jadi menumpuk dan akhirnya meledak jadi sebuah kejenuhan.

Secara berkala, carilah aktifitas yang lain diluar aktifitas rutin kamu. Kamu bisa pilih olahraga, mengnjungi teman lama, atau yang lainnya. Asal jangan coba-coba aktifitas nyopet di bis yang kamu jadikan alternatif...Itu sih namanya bosan hidup...

Cobalah lihat rutinitas kamu itu dari sudut pandang yang berbeda, dan buatlah target impian kamu dalam aktifitas rutin kamu. Karena itu bisa jadi perangsang untuk hidup yang lebih bergairah..Selamat mengatasi kebosanan...

Tidak ada komentar: