Kamis, 18 Desember 2008

Levi Strauss ( Asal Mula Celana Jeans )

Saat demam emas melanda Amerika di tahun 1848, tersebutlah seorang pemuda 20 tahun dari New York berniat mengadu nasib. Namanya Levi Strauss.

Ditempat asalnya ia adalah seorang penjual pakaian. Strauss berangkat ke California dgn berbekalkan beberapa potong tekstil untuk dijual selama perjalanan ke barat..

Karena memang dasarnya berbekal nekat belaka, sesampai di California, Levi Strauss telah menjual semua barang yg dimilikinya, kecuali segulung kanvas. Segulung kanvas? Apa gunanya? Siapa yg mau memakai pakaian dari kanvas? Atau mungkin?

Di California, Strauss memperhatikan bahwa pekerja tambang memiliki celana yg cepat sekali rusak. Untuk itu ia mencoba membuat celana kerja dari bahan kanvas dan menjual celana itu kepada para penambang. Celana dari kanvas itu laku keras. Banyak para penambang membeli darinya. Karena tidak sepenuhnya suka dgn bahan kanvas, Strauss mulai menggunakan bahan lain yg dipesannya dari Genoa., Italia. Para pemintal disana menyebut bahan ini dgn “genes”. Strauss mengubah namanya dgn menjadi “jeans”, dan mulailah ia memproduksi celana jeans pertamanya, yg diberi merk “Levi’S”.

Hanya dalam waktu singkat pakaian itu menjadi “pakaian resmi” para penambang dan cowboy, dan akhirnya dapat kita temui sekarang sebagai “pakaian kebangsaan” banyak orang…

Tidak ada komentar: